Mata Pelajaran : اَللُّغَةُ الْعَرَبِيَّة
Kelas / Semester : XII/ Genap
Pertemuan ke : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit
Setandar Kompetensi : MENDENGARKAN
Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang layanan umum dan pekerjaan
Kompetensi Dasar :
1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan dan membedakan secara tepat
Indikator : KD 1
§ Mencocokkan gambar dengan ujaran dengan ujaran yang didengar
§ Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan
· Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
· Menentukan bentuk wacana tulis
I. Tujuan Pembelajaran : Setelah mengikuti proses KBM siswa diharapkan dapat menyimak,menirukan,dan
mengamati tentang layanan umum dan pekerjaan
II.Materi Ajar : Layanan Umum
Pekerjaan
· Wacana yang memuat kosa kata, pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai tema, misalnya :
اين مكتب البريد؟
اين محطّة اوتوبس ؟
اين محطّة القطار؟
اين البنك؟
اين هاتف العامّة ؟
اين المستشفى؟
اين الصّيدليّة؟
ما مهنتك؟
مهنتى ...
ما مهنة والدك؟
مهنته...
Metode Pembelajaran :
1) Model :
a.Direc Instruksional
b. kooperatif Learning
2. Metode :
a. Mubasyiroh
b. Intiqaiyyah
A. Langkah-langkah Pembelajaran :
B. Kegiatan Awal :
1. Mengucapkan salam
2. Berdoa bersama
3. Mengabsen siswa
4. Apersepsi
C. Kegiatan inti :
1. Menjelaskan SK,KD dan Indikator yang akan dicapai
2. Menyajikan wacana lisan
3. Mendengarkan wacana lisan menggunakan berbagai media.
4. Menyebutkan kata-kata yang didengar
5. Mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar
6. Menuliskan beberapa kata yang didengar dengan bantuan guru
7. Menentukan benar atau salah ujaran yang di dengar
c. Kegiatan Penutup :
1. menanyakan kesulitan siswa dalam memahami wacana lisan
2. memberikan penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik
3. menugaskan siswa mencari dan menuliskan kata/frasa/kalimat tentang kegiatan sehari-hari
4. Memotivasi siswa dalam peningkatan belajar
5. uji kompetensi lisan :
1) Mencocokkan gambar dengan ujaran dengan ujaran yang didengar
2) Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan
3) Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
4) Menentukan bentuk wacana tulis
D. Alat/Bahan/Sumber belajar
2) Buku
3) Gambar
4) Kaset
5) CD
6) Majalah
7) Kamus
E. Penilaian
a. Teknit : Tes lisan
Tertulis
b. Bentuk : pertanyaan lisan
c. Instrumen : Terlampir
d. Pedoman penilaian:
1. Setiap nomor benar diberi skor 5
2. Skor maksimal : 10 X 5 = 50
3. Nilai maksimal : 100
4. Nilai siswa : Skor perolehan X 10
Skor maksimal
e. Rubrik penilaian :
No | U r a i a n | Skor |
1 2 3 4 5 6 | Setiap jawaban benar,mencocokan,pilihan kata tepat ,melafalkan kata benar Setiap jawaban benar,tata bahasa kurang tepat,pilihan kata tepat dan lafal benar Setiap jawaban benar, tata bahasa salah, pilihan kata kurang tepat,dan lafal benar Setiap jawaban benar, tata bahasa salah, pilihan kata dan lafal kurang tepat Setiap jawaban kurang tepat, tata bahasa salah, pilihan kata dan lafal salah Tiadak ada jawaban | 5 4 3 2 1 0 |
Tanjung Batu,4 Januari 2011
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala sekolah
Drs. Marhaen Drs. Abdul Khomis
NIP19650617 199703 1 003 NIP 19660808 199703 1 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : اَللُّغَةُ الْعَرَبِيَّة
Kelas / Semester : XII/ Genap
Pertemuan ke : 2 (dua)
Alokasi Waktu : 2 X 45
Setandar Kompetensi : MENDENGARKAN
Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang layanan umum dan pekerjaan
Kompetensi Dasar :
1.2. Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat
Indikator : KD 2
· Menentukan informasi umum/tema dari wacana lisan
· Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana lisan.
· Menentukan informasi rinci dari wacana lisan.
II.Tujuan Pembelajaran : Setelah mengikuti proses KBM siswa diharapkan dapat menyimak,menirukan,dan
mengamati layanan umum dan pekerjaan
II.Materi Ajar
: المهانى : طالب، طبيب، ممرّضة، مهندس، سائق، طيّار، موظّف، مدرّس،
تاجر، فلاّح، مهامى، صحافىّ، عسكريّ، شرطيّ، كاتبة...
Qawaid:
الفعل : فعل المضارع، فعل الأمر
الاسم :
المفرد والجمع، اسم الفاعل
Pola Kalimat
جملة اسميّة
جملة فعليّة
Metode Pembelajaran :
8) Model :
a.Direc Instruksional
b. kooperatif Learning
2. Metode :
a. Mubasyiroh
b. Intiqaiyyah
F. Langkah-langkah Pembelajaran :
G. Kegiatan Awal :
5. Mengucapkan salam
6. Berdoa bersama
7. Mengabsen siswa
8. Apersepsi
H. Kegiatan inti :
8. Menjelaskan SK,KD dan Indikator yang akan dicapai
9. Menyajikan wacana lisan
10. Mendengarkan wacana lisan dengan menggunakan berbagai media (ucapan guru atau tape)
11. Mendiskusikan isi wacana lisan
12. Menuliskan isi wacana lisan secara umum
13. Memaparkan isi wacana lisan secara umum
c. Kegiatan Penutup :
1. menanyakan kesulitan siswa dalam memahami wacana lisan
2. memberikan penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik
3. menugaskan siswa mencari dan menuliskan kata/frasa/kalimat tentang kegiatan sehari-hari
4. Memotivasi siswa dalam peningkatan belajar
5. uji kompetensi lisan :
1) Sebutkan pengertian fi’l madhi,mudhari’ dan amr !
2) Tuliskan masing-masing satu contoh dari fi’l madhi,mudhari’ dan amr !
3) Sebutkan masing-masing satu contoh dari المفرد والجمع، اسم الفاعل !
I. Alat/Bahan/Sumber belajar
9) Buku
10) Gambar
11) Kaset
12) CD
13) Majalah
14) Kamus
J. Penilaian
f. Teknit : Tes lisan
Tertulis
g. Bentuk : pertanyaan lisan
h. Instrumen : Terlampir
i. Pedoman penilaian:
5. Setiap nomor benar diberi skor 5
6. Skor maksimal : 10 X 5 = 50
7. Nilai maksimal : 100
8. Nilai siswa : Skor perolehan X 10
Skor maksimal
j. Rubrik penilaian :
No | U r a i a n | Skor |
1 2 3 4 5 6 | Setiap jawaban benar,mencocokan,pilihan kata tepat ,melafalkan kata benar Setiap jawaban benar,tata bahasa kurang tepat,pilihan kata tepat dan lafal benar Setiap jawaban benar, tata bahasa salah, pilihan kata kurang tepat,dan lafal benar Setiap jawaban benar, tata bahasa salah, pilihan kata dan lafal kurang tepat Setiap jawaban kurang tepat, tata bahasa salah, pilihan kata dan lafal salah Tiadak ada jawaban | 5 4 3 2 1 0 |
Tanjung Batu,4 Januari 2011
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala sekolah
Drs. Marhaen Drs. Abdul Khomis
NIP19650617 199703 1 003 NIP 19660808 199703 1 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : اَللُّغَةُ الْعَرَبِيَّة
Kelas / Semester : XII / Genap
Pertemuan ke : 3 ( tiga )
Alokasi Waktu : 2 X 45
Setandar Kompetensi : BERBICARA
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang layanan umum dan pekerjaan
Kompetensi Dasar : BERBICARA
2.1 Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun
Indikator :KD 1
· Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
· Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat
· Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks
III. Tujuan Pembelajaran : Setelah mengikuti proses KBM siswa diharapkan dapat menyimak,menirukan,dan
berdialog serta mengamati layanan umum dan pekerjaan
II.Materi Ajar : Contoh dialog :
+ مساء الخير
- مساء النور
+ اين المستشفى؟
- المستشفى هناك
+ اين محطّة اوتوبس ؟
- هي امام المستشفى
+ ما مهنتك؟
- مهنتى طبيب
III.Metode Pembelajaran :
15) Model :
a.Direc Instruksional
b. kooperatif Learning
2. Metode :
a. Mubasyiroh
b. Intiqaiyyah
IV.Langkah-langkah Pembelajaran :
K. Kegiatan Awal :
9. Mengucapkan salam
10. Berdoa bersama
11. Mengabsen siswa
12. Apersepsi
L. Kegiatan inti :
14. Menjelaskan SK,KD dan Indikator yang akan dicapai
15. Menyajikan wacana lisan
16. Mendengarkan wacana lisan
17. Mengulangi/menirukan ujaran(kata/frasa/kalimat)
18. Menjawab secara lisan mengenai isi wacana dengan tepat
19. Menceritakan kembali isi wacana
20. Bercerita sesuai tema
c. Kegiatan Penutup :
1. menanyakan kesulitan siswa dalam memahami wacana lisan
2. memberikan penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik
3. menugaskan siswa mencari dan menuliskan kata/frasa/kalimat tentang kegiatan sehari-hari
4. Memotivasi siswa dalam peningkatan belajar
5. uji kompetensi lisan
· Dengatkan rekaman wacana lisan berikut dengan baik !
· Ucapkan ujaran(kata/frasa/kalimat) berikut !
· Jawablah secara lisan mengenai isi wacana berikut dengan tepat !
· Ceritakan kembali isi wacana berikut !
· Berceritaah sesuai tema !
V.Alat/Bahan/Sumber belajar
16) Buku
17) Gambar
18) Kaset
19) CD
20) Majalah
21) Kamus
VI.Penilaian
k. Teknit : Tes lisan
Tertulis
l. Bentuk : pertanyaan lisan
m. Instrumen : Terlampir
n. Pedoman penilaian:
9. Setiap nomor benar diberi skor 5
10. Skor maksimal : 10 X 5 = 50
11. Nilai maksimal : 100
12. Nilai siswa : Skor perolehan X 10
Skor maksimal
o. Rubrik penilaian :
No | U r a i a n | Skor |
1 2 3 4 5 6 | Setiap jawaban benar,mencocokan,pilihan kata tepat ,melafalkan kata benar Setiap jawaban benar,tata bahasa kurang tepat,pilihan kata tepat dan lafal benar Setiap jawaban benar, tata bahasa salah, pilihan kata kurang tepat,dan lafal benar Setiap jawaban benar, tata bahasa salah, pilihan kata dan lafal kurang tepat Setiap jawaban kurang tepat, tata bahasa salah, pilihan kata dan lafal salah Tiadak ada jawaban | 5 4 3 2 1 0 |
Tanjung Batu,4 Januari 2011
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala sekolah
Drs. Marhaen Drs. Abdul Khomis
NIP19650617 199703 1 003 NIP 19660808 199703 1 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : اَللُّغَةُ الْعَرَبِيَّة
Kelas / Semester : XII / Genap
Pertemuan ke : 5 dan 6 ( lima dan enam )
Alokasi Waktu : 4 X 45
Setandar Kompetensi : MEMBACA
Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang layanan umum dan pekerjaan
Kompetensi Dasar : MEMBACA
Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara tepat
Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis
sederhana
Membaca nyaring kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan tepat
Indikator : KD 1
Menentukan bentuk wacana tulis
Menentukan tema wacana tulis
KD 2
Menentukan informasi umum/tema dari wacana tulis.
Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana tulis
Menentukan informasi rinci dari wacana tulis
Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb.
Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis
KD 3
Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat
Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat
I.Tujuan Pembelajaran : Setelah mengikuti proses KBM siswa diharapkan mampu membaca,memahami dan menceritakan isi bacaan tentang layanan umum dan pekerjaan
II.Materi Ajar : Contoh judul wacana :
اوتوبيس
انا مهندس !
III.Metode Pembelajaran :
Model :
a.Direc Instruksional
b. kooperatif Learning
2. Metode :
a. Mubasyiroh
b. Intiqaiyyah
IV.Langkah-langkah Pembelajaran :
Pertemuan I
A. Kegiatan Awal :
Mengucapkan salam
Berdoa bersama
Mengabsen siswa
Apersepsi
B. Kegiatan inti :
Menjelaskan SK,KD dan Indikator yang akan dicapai
Menyajikan wacana lisan
Mengenal bentuk wacana tulis
Menentukan tema wacana tulis
Membaca wacana tulis
Membuat asosiogram tentang wacana yang dibaca dalam kerja kelompok
Menentukan informasi umum
C. Kegiatan Penutup :
1. menanyakan kesulitan siswa dalam memahami wacana lisan
2. memberikan penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik
3. menugaskan siswa mencari dan menuliskan kata/frasa/kalimat tentang kegiatan sehari-hari
4. Memotivasi siswa dalam peningkatan belajar
5. uji kompetensi lisan :
Ø sebutkan bentuk wacana tulis berikut !
Ø tentukan tema wacana tulis berikut ini !
Ø lafalkan kata/frasa/kalimat berikut dengan tepat !
Ø bacalah dengan nyaring kata/frasa /kalimat berikut dengan intonasi dan lafal yang tepat!
Ø Buatlah sosiogram tentang wacana yang dibaca dalam kerja kelompok anda !
Pertemuan II
Kegiatan Awal :
Mengucapkan salam
Berdoa bersama
Mengabsen siswa
Apersepsi
Kegiatan inti :
Menjelaskan SK,KD dan Indikator yang akan dicapai
Menyajikan wacana bacaan
Menentukan informasi tertentu dalam kerja kelompok
Menyusun guntingan-guntingan kalimat menjadi wacana dalam kerja kelompok
Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis
Membaca wacana dengan nyaring di depan kelas
Menyanyikan lagu dengan kosa kata sesuai tema s
C. Kegiatan Penutup :
1. menanyakan kesulitan siswa dalam memahami wacana lisan
2. memberikan penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik
3. menugaskan siswa mencari dan menuliskan kata/frasa/kalimat tentang kegiatan sehari-hari
4. Memotivasi siswa dalam peningkatan belajar
5. uji kompetensi lisan :
Bacalah teks berikut dengan tanpa suara !
Jawablah pertanyaan berikut !
Sebutkan makna kata berikut !
Susunlah potongan kata berikut menjadi kaliamat sempurna !
V.Alat/Bahan/Sumber belajar
Buku
Gambar
Kaset
CD
Majalah
Kamus
VI.Penilaian
Teknit : Tes lisan
Tertulis
Bentuk : pertanyaan lisan
Instrumen : Terlampir
Pedoman penilaian:
Setiap nomor benar diberi skor 5
Skor maksimal : 10 X 5 = 50
Nilai maksimal : 100
Nilai siswa : Skor perolehan X 10
Skor maksimal
Rubrik penilaian :
No | U r a i a n | Skor |
1 2 3 4 5 6 | Setiap jawaban benar,mencocokan,pilihan kata tepat ,melafalkan kata benar Setiap jawaban benar,tata bahasa kurang tepat,pilihan kata tepat dan lafal benar Setiap jawaban benar, tata bahasa salah, pilihan kata kurang tepat,dan lafal benar Setiap jawaban benar, tata bahasa salah, pilihan kata dan lafal kurang tepat Setiap jawaban kurang tepat, tata bahasa salah, pilihan kata dan lafal salah Tiadak ada jawaban | 5 4 3 2 1 0 |
Tanjung Batu,4 Januari 2011
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala sekolah
Drs. Marhaen Drs. Abdul Khomis
NIP19650617 199703 1 003 NIP 19660808 199703 1 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : اَللُّغَةُ الْعَرَبِيَّة
Kelas / Semester : XII / Genap
Pertemuan ke : 7 ( tujuh )
Alokasi Waktu : 2 X 45
Setandar Kompetensi : MENULIS
Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang layanan umum dan pekerjaan
Kompetensi Dasar : MENULIS
4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
Indikator : KD 1
· Menulis kata dengan tepat
· Menulis frasa/kalimat dengan tepat
Tujuan Pembelajaran : Setelah mengikuti proses KBM siswa diharapkan dapat menuliskan tentang layanan
umum dan pekerjaan
II.Materi Ajar : Menulis frasa, ungkapan atau kalimat yang berkaitan dengan layanan umum dan
pekerjaan. Contoh :
زرت مكتب البريد فى الأمس هو قريب من محطّة اوتوبس و محطّة القطار وجدت هناك
طالب و طبيب و ممرّضة و مهندس و موظّف و مدرّس وتاجر...هم ينتطرون اوتوبس والقطار
III.Metode Pembelajaran :
22) Model :
a.Direc Instruksional
b. kooperatif Learning
2. Metode :
a. Mubasyiroh
b. Intiqaiyyah
IV.Langkah-langkah Pembelajaran :
C. Kegiatan Awal :
13. Mengucapkan salam
14. Berdoa bersama
15. Mengabsen siswa
16. Apersepsi
D. Kegiatan inti :
21. Menjelaskan SK,KD dan Indikator yang akan dicapai
22. Menyajikan wacana tulis
23. Menyusun guntingan kata yang diacak menjadi kalimat sesuai gambar dalam kerja kelompok
24. Menulis kata-kata berdasarkan gambar /ujaran
25. Melengkapi wacana dengan kata-kata yang didiktekan guru
26. Secara individu menuliskan kalimat yang telah disusun di papan tulis
C. Kegiatan Penutup :
1. menanyakan kesulitan siswa dalam memahami wacana lisan
2. memberikan penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik
3. menugaskan siswa mencari dan menuliskan kata/frasa/kalimat tentang kegiatan sehari-hari
4. Memotivasi siswa dalam peningkatan belajar
5. uji kompetensi lisan :
a. Susunlah guntingan kata yang diacak menjadi kalimat sesuai gambar dalam kerja kelompok !
b. tuliskan kata-kata berdasarkan gambar /ujaran !
c. lengkapilah wacana dengan kata-kata yang didiktekan guru !
V.Alat/Bahan/Sumber belajar
23) Buku
24) Gambar
25) Kaset
26) CD
27) Majalah
28) Kamus
VI.Penilaian
p. Teknit : Tes lisan
Tertulis
q. Bentuk : pertanyaan lisan
r. Instrumen : Terlampir
s. Pedoman penilaian:
13. Setiap nomor benar diberi skor 5
14. Skor maksimal : 10 X 5 = 50
15. Nilai maksimal : 100
16. Nilai siswa : Skor perolehan X 10
Skor maksimal
t. Rubrik penilaian :
No | U r a i a n | Skor |
1 2 3 4 5 6 | Setiap jawaban benar,mencocokan,pilihan kata tepat ,melafalkan kata benar Setiap jawaban benar,tata bahasa kurang tepat,pilihan kata tepat dan lafal benar Setiap jawaban benar, tata bahasa salah, pilihan kata kurang tepat,dan lafal benar Setiap jawaban benar, tata bahasa salah, pilihan kata dan lafal kurang tepat Setiap jawaban kurang tepat, tata bahasa salah, pilihan kata dan lafal salah Tiadak ada jawaban | 5 4 3 2 1 0 |
Tanjung Batu,4 Januari 2011
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala sekolah
Drs. Marhaen Drs. Abdul Khomis
NIP19650617 199703 1 003 NIP 19660808 199703 1 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : اَللُّغَةُ الْعَرَبِيَّة
Kelas / Semester : XII / Genap
Pertemuan ke : 8( delapan )
Alokasi Waktu : 2 X 45
Setandar Kompetensi : MENULIS
Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang layanan umum dan pekerjaan
Kompetensi Dasar : MENULIS
4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
4.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata,frasa dengan huruf, ejaan , tanda baca dan struktur yang tepat
4.3 Peserta didik mampu mengungkapkan pendapat, perasaan secara tertulis, dengan lancar yang mencerminkan kecakapan menulis dengan tepat
Indikator : KD 1
· Menulis kata dengan tepat
· Menulis frasa/kalimat dengan tepat
KD 2
§ Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
§ Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
§ Membuat wacana sederhana dengan tanda baca yang tepat
KD 3
§ Menjelaskan secara tertulis gambar/denah/grafik/daftar/jadwal, dsb sesuai konteks dengan ejaan, struktur dan tanda baca yang tepat.
§ Menyatakan pendapat/perasaan secara tertulis tentang situasi/kondisi/gambar sesuai konteks.
§ Menjelaskan secara tertulis perbedaan budaya ….. dengan budaya setempat sesuai konteks
Tujuan Pembelajaran : Setelah mengikuti proses KBM siswa diharapkan dapat menuliskan tentang layanan
umum dan pekerjaan
II.Materi Ajar : Menulis frasa, ungkapan atau kalimat yang berkaitan dengan layanan umum dan
pekerjaan. Contoh :
زرت مكتب البريد فى الأمس هو قريب من محطّة اوتوبس و محطّة القطار وجدت هناك
طالب و طبيب و ممرّضة و مهندس و موظّف و مدرّس وتاجر...هم ينتطرون اوتوبس والقطار
III.Metode Pembelajaran :
29) Model :
a.Direc Instruksional
b. kooperatif Learning
2. Metode :
a. Mubasyiroh
b. Intiqaiyyah
IV.Langkah-langkah Pembelajaran :
E. Kegiatan Awal :
17. Mengucapkan salam
18. Berdoa bersama
19. Mengabsen siswa
20. Apersepsi
F. Kegiatan inti :
27. Menjelaskan SK,KD dan Indikator yang akan dicapai
28. Menyajikan wacana tulis
29. Menyusun guntingan kata yang diacak menjadi kalimat sesuai gambar dalam kerja kelompok
30. Menulis kata-kata berdasarkan gambar /ujaran
31. Melengkapi wacana dengan kata-kata yang didiktekan guru
32. Secara individu menuliskan kalimat yang telah disusun di papan tulis
KD 2
33. Melengkapi wacana dengan kosa kata yang tersedia
34. Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi sebuah paragraf
35. Membuat cerita berdasarkan gambar
36. Membuat wacana pendek sederhana sesuai tema
KD 3
Membuat karangan bebas
C. Kegiatan Penutup :
1. menanyakan kesulitan siswa dalam memahami wacana lisan
2. memberikan penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik
3. menugaskan siswa mencari dan menuliskan kata/frasa/kalimat tentang kegiatan sehari-hari
4. Memotivasi siswa dalam peningkatan belajar
5. uji kompetensi lisan :
d. Susunlah guntingan kata yang diacak menjadi kalimat sesuai gambar dalam kerja kelompok !
e. tuliskan kata-kata berdasarkan gambar /ujaran !
f. lengkapilah wacana dengan kata-kata yang didiktekan guru !
V.Alat/Bahan/Sumber belajar
30) Buku
31) Gambar
32) Kaset
33) CD
34) Majalah
35) Kamus
VI.Penilaian
u. Teknit : Tes lisan
Tertulis
v. Bentuk : pertanyaan lisan
w. Instrumen : Terlampir
x. Pedoman penilaian:
17. Setiap nomor benar diberi skor 5
18. Skor maksimal : 10 X 5 = 50
19. Nilai maksimal : 100
20. Nilai siswa : Skor perolehan X 10
Skor maksimal
y. Rubrik penilaian :
No | U r a i a n | Skor |
1 2 3 4 5 6 | Setiap jawaban benar,mencocokan,pilihan kata tepat ,melafalkan kata benar Setiap jawaban benar,tata bahasa kurang tepat,pilihan kata tepat dan lafal benar Setiap jawaban benar, tata bahasa salah, pilihan kata kurang tepat,dan lafal benar Setiap jawaban benar, tata bahasa salah, pilihan kata dan lafal kurang tepat Setiap jawaban kurang tepat, tata bahasa salah, pilihan kata dan lafal salah Tiadak ada jawaban | 5 4 3 2 1 0 |
Tanjung Batu,4 Januari 2011
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala sekolah
Drs. Marhaen Drs. Abdul Khomis
NIP19650617 199703 1 003 NIP 19660808 199703 1 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : اَللُّغَةُ الْعَرَبِيَّة
Kelas / Semester : XII / Genap
Pertemuan ke : 9 ( sembilan )
Alokasi Waktu : 2 X 45
Setandar Kompetensi : MENULIS
Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang layanan umum dan pekerjaan
Kompetensi Dasar : MENULIS
4.3 Peserta didik mampu mengungkapkan pendapat, perasaan secara tertulis, dengan lancar yang mencerminkan kecakapan menulis dengan tepat
Indikator : KD 3
§ Menjelaskan secara tertulis gambar/denah/grafik/daftar/jadwal, dsb sesuai konteks dengan ejaan, struktur dan tanda baca yang tepat.
§ Menyatakan pendapat/perasaan secara tertulis tentang situasi/kondisi/gambar sesuai konteks.
§ Menjelaskan secara tertulis perbedaan budaya ….. dengan budaya setempat sesuai konteks
Tujuan Pembelajaran : Setelah mengikuti proses KBM siswa diharapkan dapat menuliskan tentang layanan
umum dan pekerjaan
II.Materi Ajar : Menulis frasa, ungkapan atau kalimat yang berkaitan dengan layanan umum dan
pekerjaan. Contoh :
زرت مكتب البريد فى الأمس هو قريب من محطّة اوتوبس و محطّة القطار وجدت هناك
طالب و طبيب و ممرّضة و مهندس و موظّف و مدرّس وتاجر...هم ينتطرون اوتوبس والقطار
III.Metode Pembelajaran :
36) Model :
a.Direc Instruksional
b. kooperatif Learning
2. Metode :
a. Mubasyiroh
b. Intiqaiyyah
IV.Langkah-langkah Pembelajaran :
G. Kegiatan Awal :
21. Mengucapkan salam
22. Berdoa bersama
23. Mengabsen siswa
24. Apersepsi
H. Kegiatan inti :
37. Menjelaskan SK,KD dan Indikator yang akan dicapai
38. Menyajikan wacana tulis
39. Menjelaskan secara tertulis gambar/denah/grafik/daftar/jadwal, dsb sesuai konteks dengan ejaan, struktur dan tanda baca yang tepat.
40. Menyatakan pendapat/perasaan secara tertulis tentang situasi/kondisi/gambar sesuai konteks.
41. Menjelaskan secara tertulis perbedaan budaya ….. dengan budaya setempat sesuai konteks
42. Membuat karangan bebas.
C. Kegiatan Penutup :
1. menanyakan kesulitan siswa dalam memahami wacana lisan
2. memberikan penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik
3. menugaskan siswa mencari dan menuliskan kata/frasa/kalimat tentang kegiatan sehari-hari
4. Memotivasi siswa dalam peningkatan belajar
5. uji kompetensi lisan :
ü Jelaskanlah secara tertulis gambar/denah/grafik/daftar/jadwal, dsb sesuai konteks dengan ejaan, struktur dan tanda baca yang tepat !
ü Tuliskan tentang situasi/kondisi/gambar sesuai konteks !
ü Tuliskan perbedaan budaya ….. dengan budaya setempat sesuai konteks !
ü Buatlah satu karangan bebas !
V.Alat/Bahan/Sumber belajar
37) Buku
38) Gambar
39) Kaset
40) CD
41) Majalah
42) Kamus
VI.Penilaian
z. Teknit : Tes lisan
Tertulis
aa. Bentuk : pertanyaan lisan
bb. Instrumen : Terlampir
cc. Pedoman penilaian:
21. Setiap nomor benar diberi skor 5
22. Skor maksimal : 10 X 5 = 50
23. Nilai maksimal : 100
24. Nilai siswa : Skor perolehan X 10
Skor maksimal
dd. Rubrik penilaian :
No | U r a i a n | Skor |
1 2 3 4 5 6 | Setiap jawaban benar,mencocokan,pilihan kata tepat ,melafalkan kata benar Setiap jawaban benar,tata bahasa kurang tepat,pilihan kata tepat dan lafal benar Setiap jawaban benar, tata bahasa salah, pilihan kata kurang tepat,dan lafal benar Setiap jawaban benar, tata bahasa salah, pilihan kata dan lafal kurang tepat Setiap jawaban kurang tepat, tata bahasa salah, pilihan kata dan lafal salah Tiadak ada jawaban | 5 4 3 2 1 0 |
Tanjung Batu,4 Januari 2011
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala sekolah
Drs. Marhaen Drs. Abdul Khomis
NIP19650617 199703 1 003 NIP 19660808 199703 1 001