KKM BAHASA ARAB


PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
Nama Sekolah                                : SMA Negeri 1 Tanjung Batu        
Kelas/Semester                              : X /Ganjil
Mata Pelajaran                                : Bahasa Arab                                                
Aspek                                               : Kognitif
Tahun Pelajaran                             : 2010/2011
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
IndikatoR
Kriteria Ketuntasan Minimal

Kriteria Penetapan Ketuntasan
Nilai KKM
Komplek Sitas
Daya Dukung
Intake
Indikator
KD
SK
MP
MENDENGARKAN
Memahami bunyi huruf hijaiyah dan makna dalam wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri

1.1    Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan dan  membedakan secara tepat
KD 1
·     Menentukan huruf hijaiyah sesuai dengan bunyi yang didengar
·     Melafalkan huruf-huruf hijaiyah dengan fasih
·     Membedakan huruf-huruf hijaiyah yang memiliki makhraj yang hampir sama
·     Melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dengan makhraj yang tepat

3
2

2
3

3
3

3
3

2
2

2
3


89
78

78
100
86
82

74
1.2    Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan  atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara  tepat
KD 2
·         Menentukan informasi umum/tema dari wacana lisan
·         Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana lisan.
·         Menentukan informasi rinci dari wacana lisan.
2

2
2
3

3
3
2

2
2
78

78
78
78
BERBICARA
Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri
BERBICARA
2.1    Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun 

2.2    Melakukan dialog  sederhana dengan lancar  yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi santun dan tepat
KD 1
·     Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
·     Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat
·     Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks
KD 2
§  Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
§  Menjawab pertanyaan sesuai konteks
·     Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
·     Melakukan percakapan sesuai konteks




3

3

2

2
2

2
2


3

3

3

3
3

3
3


2

2

2

2
2

2
2


89

89

78

78
78

78
78




85





78





81
MEMBACA
Melafalkan huruf hijaiyah dan Memahami dan memahami makna dalam wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas

MEMBACA
3.1    Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara tepat
3.2    Memperoleh  informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana






3.3    Membaca nyaring  kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan  tepat
KD 1
§  Menentukan bentuk wacana tulis
§  Menentukan tema wacana tulis
KD 2
§  Menentukan informasi umum/tema dari wacana tulis.
§  Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana tulis
§  Menentukan informasi rinci dari wacana tulis
§  Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
§  Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
§ Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb.
§ Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis
KD 3
§  Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat
§  Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat

2
2

2

2

2

2

2

2
2

2
2

2
2

2

2

2

2

2

2
2

2
2

2
2

2

2

2

2

2

2
2

2
2

67
67

67

67

67

67

67

67
67

67
67



67







67







67









67
MENULIS
Menulis huruf hijaiyah dan Mengungkapkan imakna  secara tertulis dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri

MENULIS
4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat





4.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat  sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata,frasa  dengan huruf, ejaan , tanda baca dan struktur yang tepat
Menulis
KD 1
§ Menulis huruf hijaiyah sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Arab
§ Merangkai atau menyambung huruf hijaiyah sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Arab
§ Menentukan tanda baca dengan tepat
§ Menulis kata-kata, frasa atau kalimat sesuai konteks
KD 2
§  Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
§  Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
§  Membuat wacana sederhana dengan tanda baca yang tepat


2
3

2
2


1

1

2


3
3

3
3


3

3

3


2
2

2
2


2

2
2


67
67

67
67


67

67

67




67






67





67

 TanjungBatu,Juli20
Mengetahui                                                                 Guru Mata Pelajaran
Kepala sekolah


Drs. Marhaen                                                            Drs. Abdul Khomis
NIP19650617 199703 1 003                                    NIP 19660808 199703 1 001







PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
Nama Sekolah                                  : SMA Negeri 1 Tanjung Batu                                               Kelas/Semester                               : X /Genap
Mata Pelajaran                                 : Bahasa Arab                                          
 Aspek                                                : Kognitif
Tahun Pelajaran                              : 2010/2011
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikatot
Kriteria Ketuntasan Minimal
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Nilai KKM
Komplek Sitas
Daya Dukung
Intake
Indikator
KD
SK
MP
1.      MENDENGARKAN
Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri


1.1     Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan dan  membedakan secara tepat

KD 1
§ Mencocokkan gambar dengan ujaran  yang didengar
§ Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan
·   Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
·   Menentukan bentuk wacana tulis

2
2

2
1

2
2

3
2

3
2

2
2


78
67

78
55
69
73

70

1.2     Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan  atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara  tepat

KD 2
·         Menentukan informasi umum/tema dari wacana lisan
·         Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana lisan.
·         Menentukan informasi rinci dari wacana lisan.
2

2
2
3

3
3
2

2
2
78

78
78
78
2.     BERBICARA
Mengungkapkan informasi seder hana  secara lisan dalam wacana berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri


BERBICARA
2.1     Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun 


2.2     Melakukan dialog  sederhana dengan lancar  yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi santun dan tepat
KD 1
·     Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
·     Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat
·     Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks


KD 2
§  Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
§  Menjawab pertanyaan sesuai konteks
·     Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
·     Melakukan percakapan sesuai konteks
2
2
2



2
2
2
2
3
3
2



2
2
2
3
2
2
2



2
2
2
2
78
78
67



67
67
67
78
74





70







72
3.     MEMBACA
 Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas

MEMBACA
3.1     Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara tepat

3.2     Memperoleh  informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana

3.3     Membaca nyaring  kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan  tepat


KD 1
§  Menentukan bentuk wacana tulis
§  Menentukan tema wacana tulis

KD 2
§  Menentukan informasi umum/tema dari wacana tulis.
§  Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana tulis
§  Menentukan informasi rinci dari wacana tulis
§  Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
§  Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
§ Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb.
§  Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis
KD 3
§  Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat
§  Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat

2
2


2
2

2

2
2
2
2

2
2

2
2


2
2

2

2
2
2
2

2
2

2
2


2
2

2

2
2
2
2

2
2

67
67


67
67

67

67
67
67
67

67
67


67







67




67









67
1.     MENULIS
 Mengungkapkan  informasi sederhan secara tertulis dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri

MENULIS
4.1 .Menulis kata, frasa,dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca
      yang tepat

4.2 .Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat  sederhana
      sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan   kata,
      frasa dengan huruf, ejaan , tanda baca dan struktur yang tepat

KD 1
Menulis kata dengan tepat
Menulis frasa/kalimat dengan tepat

KD 2
§  Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
§  Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
§  Membuat wacana sederhana dengan tanda baca yang tepat



2
3


2
2
1




3
3


3
3
3




2
2


2
2
2




67
67


67
67
67






67


67





67












 TanjungBatu,4Januari2011
Mengetahui                                                        Guru Mata Pelajaran
Kepala sekolah



Drs. Marhaen                                                    Drs. Abdul Khomis
NIP19650617 199703 1 003                           NIP 19660808 199703 1 001





PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
Nama Sekolah                                  : SMA Negeri 1 Tanjung Batu  
Kelas/Semester                               : XI/Ganjil
Mata Pelajaran                                 : Bahasa Arab                                    
Aspek                                                 : Kognitif
Tahun Pelajaran                              : 2010/2011
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikatot
Kriteria Ketuntasan Minimal
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Nilai KKM
Komplek Sitas
Daya Dukung
Intake
Indikator
KD
SK
MP
MENDENGARKAN
Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Kehidupan keluarga
1.1    Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan dan  membedakan secara tepat
KD 2
§ Mencocokkan gambar dengan ujaran dengan ujaran yang didengar
§ Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan
·   Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
·   Menentukan bentuk wacana tulis
3

2

2
2
3

3

3
3
2

2

2
2
89

78

78
78
81







79

72

1.2    Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan  atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara  tepat
KD 2
·         Menentukan informasi umum/tema dari wacana lisan
·         Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana lisan.
·         Menentukan informasi rinci dari wacana lisan.


2

2

2

3

3

3

2

2

2

78

78

78

78
BERBICARA
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan keluarga

BERBICARA
2.1    Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun 



2.2    Melakukan dialog  sederhana dengan lancar  yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi santun dan tepat
KD 1
·     Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
·     Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat
·     Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks




KD 2
§  Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
§  Menjawab pertanyaan sesuai konteks
·     Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
·     Melakukan percakapan sesuai konteks


2
2

2







2
2
2

2

3
3

2







3
3
3

3

2
2

2







2
2
2

2

78
78

67







78
78
78

78



74








78






76
MEMBACA
Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan keluarga
MEMBACA
3.1    Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara tepat

3.2    Memperoleh  informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana










3.3    Membaca nyaring  kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan 
KD 1
§  Menentukan bentuk wacana tulis
§  Menentukan tema wacana tulis

KD 2
§  Menentukan informasi umum/tema dari wacana tulis.
§  Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana tulis
§  Menentukan informasi rinci dari wacana tulis
§  Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
§  Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
§ Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb.
§  Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis
KD 3
§  Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat
§  Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat



2
2



2
2

2
2
2

2

2



2
2

2
2



2
2

2
2
2

2

2



2
2

2
2



2
2

2
2
2

2

2



2
2

67
67



67
67

67
67
67

67

67



67
67



67






67








67










67
MENULIS
Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam
bentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan keluarga

MENULIS
4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat





4.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat  sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata,frasa  dengan huruf, ejaan , tanda baca dan struktur yang tepat
KD 1
Menulis kata dengan tepat
Menulis frasa/kalimat dengan tepat








KD 2
§  Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
§  Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
§  Membuat wacana sederhana dengan tanda baca yang tepat


2
2









2

2
2


2
2









2

2
2


2
2









2

2
2


67
67









67

67
67


67












67




67
TanjungBatu,20
Mengetahui                                                               Guru Mata Pelajaran
Kepala sekolah
               


Drs. Marhaen                                                         Drs. Abdul Khomis
NIP19650617 199703 1 003                                 NIP 19660808 199703 1 001




PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
Nama Sekolah                                  : SMA Negeri 1 Tanjung Batu Kelas/Semester                      : XI /Genap
Mata Pelajaran                                  : Bahasa Arab                                                      
 Aspek                                                 : Kognitif
Tahun Pelajaran                               : 2010/2011
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikatot
Kriteria Ketuntasan Minimal
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Nilai KKM
Komplek Sitas
Daya Dukung
Intake
Indikator
KD
SK
MP
MENDENGARKAN
Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sehari-hari

1.1     Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan dan  membedakan secara tepat

§ Mencocokkan gambar dengan ujaran dengan ujaran yang didengar
§ Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan
·   Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
·   Menentukan bentuk wacana tulis


2
2

2
1

2
2

3
2

3
2

2
2


78
67

78
55
69
73

70


1.2     Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan  atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara  tepat

KD 2
·         Menentukan informasi umum/tema dari wacana lisan
·         Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana lisan.
·         Menentukan informasi rinci dari wacana lisan.

2

2
2
3

3
3
2

2
2
78

78
78
78
BERBICARA
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sehari-hari





BERBICARA
2.1     Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun 


2.2     Melakukan dialog  sederhana dengan lancar  yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi santun dan tepat

KD 1
·     Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
·     Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat
·     Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks
KD 2
§  Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
§  Menjawab pertanyaan sesuai konteks
·     Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
·     Melakukan percakapan sesuai konteks
2
2
2



2
2
2
2
3
3
2



2
2
2
3
2
2
2



2
2
2
2
78
78
67



67
67
67
78
74





70







72
MEMBACA
Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sehari-hari


MEMBACA
3.1     Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara tepat
3.2     Memperoleh  informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana









3.3     Membaca nyaring  kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan  tepat

KD 1
§  Menentukan bentuk wacana tulis
§  Menentukan tema wacana tulis
KD 2
§  Menentukan informasi umum/tema dari wacana tulis.
§  Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana tulis
§  Menentukan informasi rinci dari wacana tulis
§  Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
§  Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
§ Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb.
§  Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis
KD 3
§  Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat
§  Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat


2
2

2
2
2
2
2

2
2



2
2



2
2

2
2
2
2
2

2
2



2
2


2
2

2
2
2
2
2

2
2



2
2



67
67

67
67
67
67
67

67
67



67
67




67




67








67









67
MENULIS
Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam  bentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sehari-hari

MENULIS
4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat


4.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat  sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata,frasa  dengan huruf, ejaan , tanda baca dan struktur yang tepat
KD 1
Menulis kata dengan tepat
Menulis frasa/kalimat dengan tepat
KD 2
§  Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
§  Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
§  Membuat wacana sederhana dengan tanda baca yang tepat


2
2
2

2
2




2
2
2

2
2

2
2
2

2
2

67
67
67

67
67


67


67




67
TanjungBatu,4Januar2011
Mengetahui                                                                                                                                                                     Guru Mata Pelajaran
Kepala sekolah



Drs. Marhaen                                            Drs. Abdul Khomis
NIP19650617 199703 1 003                   NIP 19660808 199703 1 001




PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
Nama Sekolah                                   : SMA Negeri 1 Tanjung Batu Kelas/Semester                       : X II /Ganjil
Mata Pelajaran                                  : Bahasa Arab                                        
Aspek                                   : Kognitif
Tahun Pelajaran                               : 2010/2011
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikatot
Kriteria Ketuntasan Minimal
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Nilai KKM
Komplek Sitas
Daya Dukung
Intake
Indikator
KD
SK
MP
MENDENGARKAN
Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang layanan umum dan pekerjaan
1.1    Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan dan  membedakan secara tepat


KD 1
§ Mencocokkan gambar dengan ujaran dengan ujaran yang didengar
§ Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan
·   Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
·   Menentukan bentuk wacana tulis



2
2
2
2


3
3
3
2


3
3
2
2


89
89
78
67
81







79


74


1.2    Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan  atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara  tepat

KD 2
·         Menentukan informasi umum/tema dari wacana lisan
·         Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana lisan.
·         Menentukan informasi rinci dari wacana lisan.


2
2

2

3
3

3

2
2

2

78
78

78
78
BERBICARA
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang layanan umum dan pekerjaan
BERBICARA
2.1    Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun


 
2.2    Melakukan dialog  sederhana dengan lancar  yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi santun dan tepat
KD 1
·     Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
·     Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat
·     Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks




KD 2
§  Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
§  Menjawab pertanyaa sesuai konteks

·     Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
·     Melakukan percakapan sesuai konteks


3
3

2








2
2


2
2

3
3

2








3
2


3
2

3
2

2








2
2


2
2

100
89

67








78
67


78
67



78









72



27





75
MEMBACA
Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang layanan umum dan pekerjaan






MEMBACA
3.1    Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara tepat


3.2    Memperoleh  informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana










3.3    Membaca nyaring  kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan  tepat

KD 1
§  Menentukan bentuk wacana tulis
§  Menentukan tema wacana tulis


KD 2
§  Menentukan informasi umum/tema dari wacana tulis.
§  Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana tulis
§  Menentukan informasi rinci dari wacana tulis
§  Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
§  Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
§ Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb.
§  Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis

KD 3
§  Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat
§  Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat


2
2



2

2


2
2

2

2

2



2
2

3
3



3

3


3
3

3

2

3



2
2


2
2



2

2


2
2

2

3

2



2
2


78
78



78

78


78
78

78

78

78



67
67

78










78










68










73
MENULIS
Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam
bentuk paparan atau dialog sederhana tentang layanan umum dan pekerjaan

MENULIS
4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat



4.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat  sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata,frasa  dengan huruf, ejaan , tanda baca dan struktur yang tepat


4.3 Peserta didik mampu mengungkapkan pendapat, perasaan secara tertulis, dengan lancar yang mencerminkan kecakapan menulis dengan tepat



KD 1
· Menulis kata dengan tepat
· Menulis frasa/kalimat dengan tepat

KD 2
§  Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
§  Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
§  Membuat wacana sederhana dengan tanda baca yang tepat




KD 3
§  Menjelaskan secara tertulis gambar/denah/grafik/daftar/jadwal, dsb sesuai konteks dengan ejaan, struktur dan tanda baca yang tepat.
§  Menyatakan pendapat/perasaan secara tertulis tentang situasi/kondisi/gambar sesuai konteks.
§  Menjelaskan secara tertulis perbedaan budaya ….. dengan budaya setempat sesuai konteks

2
2



2

2
2








2



2


2


2
3



2

2
2








2



2


2

2
2



2

2
2








2



2


2

67
78



67

67
67








67



67


67

72







67











67


69
TanjungBatu,…….Juli20..
Mengetahui                                                   Guru Mata Pelajaran
Kepala sekolah


Drs. Marhaen                                             Drs. Abdul Khomis
NIP19650617 199703 1 003                    NIP 19660808 199703 1 001





PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
Nama Sekolah                                  : SMA Negeri 1 Tanjung Batu      Kelas/Semester                               : XII/Genap
Mata Pelajaran                                 : Bahasa Arab                                                   
Aspek                                                 : Kognitif
Tahun Pelajaran                              : 2010/2011
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikatot
Kriteria Ketuntasan Minimal
Kriteria Penetapan Ketuntasan
Nilai KKM
Komplek Sitas
Daya Dukung
Intake
Indikator
KD
SK
MP
MENDENGARKAN
Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang layanan umum dan pekerjaan
MENDENGARKAN
1.1     Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan dan  membedakan secara tepat


KD 1
§ Mencocokkan gambar dengan ujaran dengan ujaran yang didengar
§ Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan
·   Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
·   Menentukan bentuk wacana tulis


2
2

2
1

2
2

3
2

3
2

2
2


78
67

78
55
69
73


70


1.2     Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan  atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara  tepat

KD 2
·         Menentukan informasi umum/tema dari wacana lisan
·         Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana lisan.
·         Menentukan informasi rinci dari wacana lisan.

2

2
2
3

3
3
2

2
2
78

78
78
78
BERBICARA
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang layanan umum dan pekerjaan

BERBICARA
2.1     Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun 


2.2     Melakukan dialog  sederhana dengan lancar  yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi santun dan tepat

KD 1
·     Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
·     Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat
·     Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks
KD 2
§  Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
§  Menjawab pertanyaa sesuai konteks
·     Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
·     Melakukan percakapan sesuai konteks

2
2
2



2
2
2
2
3
3
2



2
2
2
3
2
2
2



2
2
2
2
78
78
67



67
67
67
78
74





70







72
MEMBACA
Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang layanan umum dan pekerjaan










MEMBACA
3.1     Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara tepat

3.2     Memperoleh  informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana







3.3     Membaca nyaring  kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan  tepat
KD 1
§  Menentukan bentuk wacana tulis
§  Menentukan tema wacana tulis
KD 2
§  Menentukan informasi umum/tema dari wacana tulis.
§  Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana tulis
§  Menentukan informasi rinci dari wacana tulis
§  Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
§  Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
§ Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb.
§  Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis
KD 3
§  Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat
§  Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat

2
2

2
2
2
2

2
2
2

2
2

2
2

2
2
2
2

2
3
2

2
2


2
2

2
2
2
2

2
3
2

2
2


67
67

67
67
67
67

67
89


67
67
67





78





67








72
MENULIS
Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam
bentuk paparan atau dialog sederhana tentang layanan umum dan pekerjaan

MENULIS
4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat


4.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat  sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata,frasa  dengan huruf, ejaan , tanda baca dan struktur yang tepat

4.3 Peserta didik mampu mengungkapkan pendapat, perasaan secara tertulis, dengan lancar yang mencerminkan kecakapan menulis dengan tepat
KD 1
· Menulis kata dengan tepat
· Menulis frasa/kalimat dengan tepat

KD 2
§  Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
§  Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
§  Membuat wacana sederhana dengan tanda baca yang tepat
KD 3
§  Menjelaskan secara tertulis gambar/denah/grafik/daftar/jadwal, dsb sesuai konteks dengan ejaan, struktur dan tanda baca yang tepat.
§  Menyatakan pendapat/perasaan secara tertulis tentang situasi/kondisi/gambar sesuai konteks.
§  Menjelaskan secara tertulis perbedaan budaya ….. dengan budaya setempat sesuai konteks

2
2


2
2
2


2

2
2


2
2


2
2
2


2

2
2

2
2


2
2
2


2

2
2

67
67


67
67
67


67

67
67


67



67




67






67
TanjungBatu,4Januari2011
Mengetahui                                                               Guru Mata Pelajaran
Kepala sekolah


Drs. Marhaen                                                        Drs. Abdul Khomis
NIP19650617 199703 1 003                           NIP 19660808 199703 1 001