PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Tanjung Batu
Kelas/Semester : X /Ganjil
Kelas/Semester : X /Ganjil
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Aspek : Kognitif
Aspek : Kognitif
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | IndikatoR | Kriteria Ketuntasan Minimal | ||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan | Nilai KKM | ||||||||
Komplek Sitas | Daya Dukung | Intake | Indikator | KD | SK | MP | |||
MENDENGARKAN Memahami bunyi huruf hijaiyah dan makna dalam wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri | 1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan dan membedakan secara tepat | KD 1 · Menentukan huruf hijaiyah sesuai dengan bunyi yang didengar · Melafalkan huruf-huruf hijaiyah dengan fasih · Membedakan huruf-huruf hijaiyah yang memiliki makhraj yang hampir sama · Melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dengan makhraj yang tepat | 3 2 2 3 | 3 3 3 3 | 2 2 2 3 | 89 78 78 100 | 86 | 82 | 74 |
1.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat | KD 2 · Menentukan informasi umum/tema dari wacana lisan · Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana lisan. · Menentukan informasi rinci dari wacana lisan. | 2 2 2 | 3 3 3 | 2 2 2 | 78 78 78 | 78 | |||
BERBICARA Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri | BERBICARA 2.1 Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun 2.2 Melakukan dialog sederhana dengan lancar yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi santun dan tepat | KD 1 · Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat · Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat · Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks KD 2 § Mengajukan pertanyaan sesuai konteks § Menjawab pertanyaan sesuai konteks · Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks · Melakukan percakapan sesuai konteks | 3 3 2 2 2 2 2 | 3 3 3 3 3 3 3 | 2 2 2 2 2 2 2 | 89 89 78 78 78 78 78 | 85 78 | 81 | |
MEMBACA Melafalkan huruf hijaiyah dan Memahami dan memahami makna dalam wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas | MEMBACA 3.1 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara tepat 3.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana 3.3 Membaca nyaring kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan tepat | KD 1 § Menentukan bentuk wacana tulis § Menentukan tema wacana tulis KD 2 § Menentukan informasi umum/tema dari wacana tulis. § Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana tulis § Menentukan informasi rinci dari wacana tulis § Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks § Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis § Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb. § Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis KD 3 § Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat § Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat | 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 | 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 | 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 | 67 67 67 67 67 67 67 67 67 67 67 | 67 67 67 | 67 | |
MENULIS Menulis huruf hijaiyah dan Mengungkapkan imakna secara tertulis dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri | MENULIS 4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat 4.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata,frasa dengan huruf, ejaan , tanda baca dan struktur yang tepat | Menulis KD 1 § Menulis huruf hijaiyah sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Arab § Merangkai atau menyambung huruf hijaiyah sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Arab § Menentukan tanda baca dengan tepat § Menulis kata-kata, frasa atau kalimat sesuai konteks KD 2 § Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat § Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana § Membuat wacana sederhana dengan tanda baca yang tepat | 2 3 2 2 1 1 2 | 3 3 3 3 3 3 3 | 2 2 2 2 2 2 2 | 67 67 67 67 67 67 67 | 67 67 | 67 |
TanjungBatu,Juli20
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala sekolah
Drs. Marhaen Drs. Abdul Khomis
NIP19650617 199703 1 003 NIP 19660808 199703 1 001
PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Tanjung Batu Kelas/Semester : X /Genap
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Aspek : Kognitif
Aspek : Kognitif
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikatot | Kriteria Ketuntasan Minimal | |||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan | Nilai KKM | |||||||||
Komplek Sitas | Daya Dukung | Intake | Indikator | KD | SK | MP | ||||
1. MENDENGARKAN Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri | 1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan dan membedakan secara tepat | KD 1 § Mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar § Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan · Menentukan benar/salah ujaran yang didengar · Menentukan bentuk wacana tulis | 2 2 2 1 | 2 2 3 2 | 3 2 2 2 | 78 67 78 55 | 69 | 73 | 70 | |
1.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat | KD 2 · Menentukan informasi umum/tema dari wacana lisan · Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana lisan. · Menentukan informasi rinci dari wacana lisan. | 2 2 2 | 3 3 3 | 2 2 2 | 78 78 78 | 78 | ||||
2. BERBICARA Mengungkapkan informasi seder hana secara lisan dalam wacana berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri | BERBICARA 2.1 Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun 2.2 Melakukan dialog sederhana dengan lancar yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi santun dan tepat | KD 1 · Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat · Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat · Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks KD 2 § Mengajukan pertanyaan sesuai konteks § Menjawab pertanyaan sesuai konteks · Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks · Melakukan percakapan sesuai konteks | 2 2 2 2 2 2 2 | 3 3 2 2 2 2 3 | 2 2 2 2 2 2 2 | 78 78 67 67 67 67 78 | 74 70 | 72 | ||
3. MEMBACA Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas | MEMBACA 3.1 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara tepat 3.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana 3.3 Membaca nyaring kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan tepat | KD 1 § Menentukan bentuk wacana tulis § Menentukan tema wacana tulis KD 2 § Menentukan informasi umum/tema dari wacana tulis. § Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana tulis § Menentukan informasi rinci dari wacana tulis § Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks § Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis § Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb. § Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis KD 3 § Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat § Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat | 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 | 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 | 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 | 67 67 67 67 67 67 67 67 67 67 67 | 67 67 67 | 67 | ||
1. MENULIS Mengungkapkan informasi sederhan secara tertulis dalam wacana berbentuk paparan dan dialog sederhana tentang identitas diri | MENULIS 4.1 .Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat 4.2 .Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata, frasa dengan huruf, ejaan , tanda baca dan struktur yang tepat | KD 1 Menulis kata dengan tepat Menulis frasa/kalimat dengan tepat KD 2 § Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat § Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana § Membuat wacana sederhana dengan tanda baca yang tepat | 2 3 2 2 1 | 3 3 3 3 3 | 2 2 2 2 2 | 67 67 67 67 67 | 67 67 | 67 | ||
TanjungBatu,4Januari2011
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala sekolah
Drs. Marhaen Drs. Abdul Khomis
NIP19650617 199703 1 003 NIP 19660808 199703 1 001
PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Tanjung Batu
Kelas/Semester : XI/Ganjil
Kelas/Semester : XI/Ganjil
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Aspek : Kognitif
Aspek : Kognitif
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikatot | Kriteria Ketuntasan Minimal | ||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan | Nilai KKM | ||||||||
Komplek Sitas | Daya Dukung | Intake | Indikator | KD | SK | MP | |||
MENDENGARKAN Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Kehidupan keluarga | 1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan dan membedakan secara tepat | KD 2 § Mencocokkan gambar dengan ujaran dengan ujaran yang didengar § Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan · Menentukan benar/salah ujaran yang didengar · Menentukan bentuk wacana tulis | 3 2 2 2 | 3 3 3 3 | 2 2 2 2 | 89 78 78 78 | 81 | 79 | 72 |
1.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat | KD 2 · Menentukan informasi umum/tema dari wacana lisan · Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana lisan. · Menentukan informasi rinci dari wacana lisan. | 2 2 2 | 3 3 3 | 2 2 2 | 78 78 78 | 78 | |||
BERBICARA Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan keluarga | BERBICARA 2.1 Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun 2.2 Melakukan dialog sederhana dengan lancar yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi santun dan tepat | KD 1 · Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat · Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat · Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks KD 2 § Mengajukan pertanyaan sesuai konteks § Menjawab pertanyaan sesuai konteks · Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks · Melakukan percakapan sesuai konteks | 2 2 2 2 2 2 2 | 3 3 2 3 3 3 3 | 2 2 2 2 2 2 2 | 78 78 67 78 78 78 78 | 74 78 | 76 | |
MEMBACA Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan keluarga | MEMBACA 3.1 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara tepat 3.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana 3.3 Membaca nyaring kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan | KD 1 § Menentukan bentuk wacana tulis § Menentukan tema wacana tulis KD 2 § Menentukan informasi umum/tema dari wacana tulis. § Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana tulis § Menentukan informasi rinci dari wacana tulis § Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks § Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis § Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb. § Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis KD 3 § Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat § Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat | 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 | 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 | 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 | 67 67 67 67 67 67 67 67 67 67 67 | 67 67 67 | 67 | |
MENULIS Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan keluarga | MENULIS 4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat 4.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata,frasa dengan huruf, ejaan , tanda baca dan struktur yang tepat | KD 1 Menulis kata dengan tepat Menulis frasa/kalimat dengan tepat KD 2 § Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat § Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana § Membuat wacana sederhana dengan tanda baca yang tepat | 2 2 2 2 2 | 2 2 2 2 2 | 2 2 2 2 2 | 67 67 67 67 67 | 67 67 | 67 |
TanjungBatu,20
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala sekolah
Drs. Marhaen Drs. Abdul Khomis
NIP19650617 199703 1 003 NIP 19660808 199703 1 001
PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Tanjung Batu Kelas/Semester : XI /Genap
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Aspek : Kognitif
Aspek : Kognitif
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikatot | Kriteria Ketuntasan Minimal | ||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan | Nilai KKM | ||||||||
Komplek Sitas | Daya Dukung | Intake | Indikator | KD | SK | MP | |||
MENDENGARKAN Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sehari-hari | 1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan dan membedakan secara tepat | § Mencocokkan gambar dengan ujaran dengan ujaran yang didengar § Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan · Menentukan benar/salah ujaran yang didengar · Menentukan bentuk wacana tulis | 2 2 2 1 | 2 2 3 2 | 3 2 2 2 | 78 67 78 55 | 69 | 73 | 70 |
1.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat | KD 2 · Menentukan informasi umum/tema dari wacana lisan · Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana lisan. · Menentukan informasi rinci dari wacana lisan. | 2 2 2 | 3 3 3 | 2 2 2 | 78 78 78 | 78 | |||
BERBICARA Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sehari-hari | BERBICARA 2.1 Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun 2.2 Melakukan dialog sederhana dengan lancar yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi santun dan tepat | KD 1 · Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat · Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat · Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks KD 2 § Mengajukan pertanyaan sesuai konteks § Menjawab pertanyaan sesuai konteks · Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks · Melakukan percakapan sesuai konteks | 2 2 2 2 2 2 2 | 3 3 2 2 2 2 3 | 2 2 2 2 2 2 2 | 78 78 67 67 67 67 78 | 74 70 | 72 | |
MEMBACA Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sehari-hari | MEMBACA 3.1 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara tepat 3.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana 3.3 Membaca nyaring kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan tepat | KD 1 § Menentukan bentuk wacana tulis § Menentukan tema wacana tulis KD 2 § Menentukan informasi umum/tema dari wacana tulis. § Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana tulis § Menentukan informasi rinci dari wacana tulis § Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks § Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis § Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb. § Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis KD 3 § Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat § Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat | 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 | 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 | 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 | 67 67 67 67 67 67 67 67 67 67 67 | 67 67 67 | 67 | |
MENULIS Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan sehari-hari | MENULIS 4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat 4.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata,frasa dengan huruf, ejaan , tanda baca dan struktur yang tepat | KD 1 Menulis kata dengan tepat Menulis frasa/kalimat dengan tepat KD 2 § Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat § Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana § Membuat wacana sederhana dengan tanda baca yang tepat | 2 2 2 2 2 | 2 2 2 2 2 | 2 2 2 2 2 | 67 67 67 67 67 | 67 67 | 67 |
TanjungBatu,4Januar2011
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala sekolah
Drs. Marhaen Drs. Abdul Khomis
NIP19650617 199703 1 003 NIP 19660808 199703 1 001
PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Tanjung Batu Kelas/Semester : X II /Ganjil
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Aspek : Kognitif
Aspek : Kognitif
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikatot | Kriteria Ketuntasan Minimal | ||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan | Nilai KKM | ||||||||
Komplek Sitas | Daya Dukung | Intake | Indikator | KD | SK | MP | |||
MENDENGARKAN Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang layanan umum dan pekerjaan | 1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan dan membedakan secara tepat | KD 1 § Mencocokkan gambar dengan ujaran dengan ujaran yang didengar § Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan · Menentukan benar/salah ujaran yang didengar · Menentukan bentuk wacana tulis | 2 2 2 2 | 3 3 3 2 | 3 3 2 2 | 89 89 78 67 | 81 | 79 | 74 |
1.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat | KD 2 · Menentukan informasi umum/tema dari wacana lisan · Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana lisan. · Menentukan informasi rinci dari wacana lisan. | 2 2 2 | 3 3 3 | 2 2 2 | 78 78 78 | 78 | |||
BERBICARA Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang layanan umum dan pekerjaan | BERBICARA 2.1 Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun 2.2 Melakukan dialog sederhana dengan lancar yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi santun dan tepat | KD 1 · Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat · Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat · Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks KD 2 § Mengajukan pertanyaan sesuai konteks § Menjawab pertanyaa sesuai konteks · Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks · Melakukan percakapan sesuai konteks | 3 3 2 2 2 2 2 | 3 3 2 3 2 3 2 | 3 2 2 2 2 2 2 | 100 89 67 78 67 78 67 | 78 72 27 | 75 | |
MEMBACA Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang layanan umum dan pekerjaan | MEMBACA 3.1 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara tepat 3.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana 3.3 Membaca nyaring kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan tepat | KD 1 § Menentukan bentuk wacana tulis § Menentukan tema wacana tulis KD 2 § Menentukan informasi umum/tema dari wacana tulis. § Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana tulis § Menentukan informasi rinci dari wacana tulis § Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks § Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis § Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb. § Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis KD 3 § Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat § Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat | 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 | 3 3 3 3 3 3 3 2 3 2 2 | 2 2 2 2 2 2 2 3 2 2 2 | 78 78 78 78 78 78 78 78 78 67 67 | 78 78 68 | 73 | |
MENULIS Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang layanan umum dan pekerjaan | MENULIS 4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat 4.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata,frasa dengan huruf, ejaan , tanda baca dan struktur yang tepat 4.3 Peserta didik mampu mengungkapkan pendapat, perasaan secara tertulis, dengan lancar yang mencerminkan kecakapan menulis dengan tepat | KD 1 · Menulis kata dengan tepat · Menulis frasa/kalimat dengan tepat KD 2 § Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat § Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana § Membuat wacana sederhana dengan tanda baca yang tepat KD 3 § Menjelaskan secara tertulis gambar/denah/grafik/daftar/jadwal, dsb sesuai konteks dengan ejaan, struktur dan tanda baca yang tepat. § Menyatakan pendapat/perasaan secara tertulis tentang situasi/kondisi/gambar sesuai konteks. § Menjelaskan secara tertulis perbedaan budaya ….. dengan budaya setempat sesuai konteks | 2 2 2 2 2 2 2 2 | 2 3 2 2 2 2 2 2 | 2 2 2 2 2 2 2 2 | 67 78 67 67 67 67 67 67 | 72 67 67 | 69 |
TanjungBatu,…….Juli20..
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala sekolah
Drs. Marhaen Drs. Abdul Khomis
NIP19650617 199703 1 003 NIP 19660808 199703 1 001
PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Tanjung Batu Kelas/Semester : XII/Genap
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Aspek : Kognitif
Aspek : Kognitif
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikatot | Kriteria Ketuntasan Minimal | ||||||
Kriteria Penetapan Ketuntasan | Nilai KKM | ||||||||
Komplek Sitas | Daya Dukung | Intake | Indikator | KD | SK | MP | |||
MENDENGARKAN Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang layanan umum dan pekerjaan | MENDENGARKAN 1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan dan membedakan secara tepat | KD 1 § Mencocokkan gambar dengan ujaran dengan ujaran yang didengar § Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan · Menentukan benar/salah ujaran yang didengar · Menentukan bentuk wacana tulis | 2 2 2 1 | 2 2 3 2 | 3 2 2 2 | 78 67 78 55 | 69 | 73 | 70 |
1.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara tepat | KD 2 · Menentukan informasi umum/tema dari wacana lisan · Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana lisan. · Menentukan informasi rinci dari wacana lisan. | 2 2 2 | 3 3 3 | 2 2 2 | 78 78 78 | 78 | |||
BERBICARA Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang layanan umum dan pekerjaan | BERBICARA 2.1 Menyampaikan berbagai informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun 2.2 Melakukan dialog sederhana dengan lancar yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi santun dan tepat | KD 1 · Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat · Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat · Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks KD 2 § Mengajukan pertanyaan sesuai konteks § Menjawab pertanyaa sesuai konteks · Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks · Melakukan percakapan sesuai konteks | 2 2 2 2 2 2 2 | 3 3 2 2 2 2 3 | 2 2 2 2 2 2 2 | 78 78 67 67 67 67 78 | 74 70 | 72 | |
MEMBACA Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang layanan umum dan pekerjaan | MEMBACA 3.1 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara tepat 3.2 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana 3.3 Membaca nyaring kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan tepat | KD 1 § Menentukan bentuk wacana tulis § Menentukan tema wacana tulis KD 2 § Menentukan informasi umum/tema dari wacana tulis. § Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana tulis § Menentukan informasi rinci dari wacana tulis § Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks § Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis § Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb. § Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis KD 3 § Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat § Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat | 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 | 2 2 2 2 2 2 2 3 2 2 2 | 2 2 2 2 2 2 2 3 2 2 2 | 67 67 67 67 67 67 67 89 67 67 | 67 78 67 | 72 | |
MENULIS Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang layanan umum dan pekerjaan | MENULIS 4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat 4.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata,frasa dengan huruf, ejaan , tanda baca dan struktur yang tepat 4.3 Peserta didik mampu mengungkapkan pendapat, perasaan secara tertulis, dengan lancar yang mencerminkan kecakapan menulis dengan tepat | KD 1 · Menulis kata dengan tepat · Menulis frasa/kalimat dengan tepat KD 2 § Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat § Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana § Membuat wacana sederhana dengan tanda baca yang tepat KD 3 § Menjelaskan secara tertulis gambar/denah/grafik/daftar/jadwal, dsb sesuai konteks dengan ejaan, struktur dan tanda baca yang tepat. § Menyatakan pendapat/perasaan secara tertulis tentang situasi/kondisi/gambar sesuai konteks. § Menjelaskan secara tertulis perbedaan budaya ….. dengan budaya setempat sesuai konteks | 2 2 2 2 2 2 2 2 | 2 2 2 2 2 2 2 2 | 2 2 2 2 2 2 2 2 | 67 67 67 67 67 67 67 67 | 67 67 67 | 67 |
TanjungBatu,4Januari2011
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala sekolah
Drs. Marhaen Drs. Abdul Khomis
NIP19650617 199703 1 003 NIP 19660808 199703 1 001